Kenapa anda harus waspada terhadap penggunaan klorin pada kolam?

Kenapa anda harus waspada terhadap penggunaan klorin pada kolam?

Klorin adalah nomor 1 dalam perawatan kolam renang, berkat sifat antibakteri dan algisidanya. Sangat cocok untuk volume besar, mudah digunakan dan, terutama, murah. Di sisi lain, klorin juga memiliki beberapa kelemahan jika dosisnya tidak tepat atau digunakan secara tidak benar: dapat menyebabkan iritasi.

Anda sudah harus memikirkan alternatif yang lebih baik untuk kolam renang anda, agar anda terhidar dari efek samping yang sudah disebutkan di atas.

Dalam prakeknya ada beberapa alternatif yang bisa anda gunakan sebagai pengganti klorin sebagai bahan untuk melakukan perawatan terhadap kolam renang anda, diantaranya sebagai berikut:

Kasus spesifik dari elektrolisis garam

Banyak pengelola dan pemilik kolam berpikir bahwa elektrolisis garam adalah alternatif bebas klorin, padahal sebenarnya teknik perawatan ini juga menimbulkan klorin, namun klorin dalam dosis yang lebih kecil. Karena itu, kami tidak akan membahas metode ini di sini.

Radiasi UV: ramah lingkungan dan dapat digunakan di semua kolam renang

Prinsipnya kerjanya cukup sederhana: lampu yang menghasilkan radiasi ultraviolet UV-C dipasang di sirkuit filtrasi. Ketika air kotor melewati lampu, sinarnya dapat menghancurkan DNA mikroorganisme.

Air akan keluar menjadi seperti sutra dan didesinfeks, Nah, namun, uniknya bukan dengan disinfektan, melainkan dengan UV! Untuk itu, lampu harus dihubungkan dengan pengobatan komplementer: idealnya oksigen aktif atau bromin. Dosis tambahan ini bisa manual atau melalui pompa proporsional.

Perawatan kolam UV dapat dipasang dengan cepat, tidak perlu servis harian, andal dan ekologis dan dapat dipasang ke semua kolam dengan sistem penyaringan kualitas terbaik. Perawatan UV tidak menyebabkan korosi atau penuaan dini pada material.

Ionisasi tembaga-perak: flokulasi yang sangat baik

Sebuah elektroda dimasukkan ke dalam sirkuit filtrasi dan melepaskan ion tembaga ke dalam kolam, zat ini kemudian dapat menyerang virus dan bakteri dan membuka jalan bagi ion perak unutk membunuh bakteri dan virus. Perawatan kejutan algisida, fungisida dan bakterisida yang bagaimanapun membutuhkan penambahan klorin dosis kecil untuk memungkinkan katalisis.

Perlakuan tembaga-perak kolam dengan ionisasi memiliki manfaat dari kekuatan flokulasi tembaga dan menghasilkan air kristal tanpa rasa. Teknik ini berguna untuk pemeliharaan kolam ubin, mudah digunakan dan biayanya diamortisasi dari waktu ke waktu.

Untuk membuat reaksi kimia yang diperlukan untuk perawatan kolam dengan ozon, ozonizer dipasang di lokasi teknis. Menyedot oksigen dari udara dan mengubahnya menjadi gas yang berbau dan oksidan (ozon), baik melalui medan listrik atau dengan lampu UV tergantung pada ozonizer yang dipilih. Ozon kemudian dilepaskan ke air kotor untuk mendisinfeksi, sebelum mengembalikan air bersih dan jernih ke kolam. Ini dua kali lebih efektif daripada klorin.

Ozon membuat air menyenangkan, tidak berbau dan enak rasanya (juga digunakan untuk mendisinfeksi air minum). Inilah sebabnya mengapa sangat populer dengan kolam umum yang dapat mengamortisasi biaya perolehannya yang tinggi dengan lebih mudah.

Brom memiliki sifat oksidasi, desinfektan dan algisida yang sama dari klorin dan berasal dari keluarga yang sama (halogen). Ini relatif mirip dengan klorin. Itu datang dalam pelet yang larut lambat atau blok yang larut cepat dalam air dengan pH 7,5 hingga 8,0. Dimungkinkan juga untuk memasang brominator difusi lambat semi-otomatis dalam sirkuit filtrasi.

Kurang mengiritasi dibandingkan klorin, bromin membutuhkan perawatan rutin untuk menghilangkan senyawa organik brominasi yang tidak dapat terurai secara hayati.

Perawatan magnesium MagnaPool®: inovasi terbaru

Inovasi Zodiac ini menggabungkan dua proses: pelet magnesium dan kalium klorida untuk mengolah air dan media filter baru yang disebut Hydroxinator yang berisi kristal kaca murni, yang disebut Crystal Clear®.

Sistem ini memastikan air yang sehat dan ramah lingkungan tanpa bahan kimia lain yang dibutuhkan. Manfaat lainnya adalah memperkaya kolam dengan mineral yang meredakan nyeri otot dan stres.

Demikian artikel kali ini yaitu tentang Kenapa anda harus waspada terhadap penggunaan klorin pada kolam?, semoga bisa memberikan edukasi kepada anda tentang alternatif yang dapat anda gunakan untuk melakukan perawatan kolam renang anda, selain menggunakan kan klorin.

Apakah anda tertarik untuk memiliki kolam renang dengtan sistem disinfektan yang sehat, dengan menggunakan mineral magnesium?, tentu saja bukan, karena selain mendapatkan manfaat yang maksimal, anda bisa terhindar dari efek negatif yang di berikan oleh klorin.

Kami adalah kontraktor jasa pembuat kolam renang dan kolam spa (whirlpool, coldplunge, hydropool) yang menghadirkan karya yang inovatif, aman dan selalu menjaga kualitas yang terbaik dengan didukung oleh Arsitek kolam yang profesional di bidangnya.

Segera hubungi nomor yang tertera agar anda mendapatkan penawaran menarik dari kami, penawaran terbatas!!