Begini Cara Treatment Kolam Renang Yang Baik

Memiliki kolam renang pribadi di rumah pastinya menyenangkan, karena Anda tidak perlu pergi ke waterboom untuk berenang. Namun seperti bagian rumah yang lain, kolam renang juga butuh perawatan supaya tidak berlumut. Lalu bagaimanna cara perawatan kolam renang  supaya tidak menjadi berlumut? Simak di sini ya.

Beberapa Cara Treatment Kolam Renang

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kolam renang.

1.Membersihkan secara rutin

Cara pertama untuk merawat kolam renang tentunya adalah membersihkan secara rutin. Sebaiknya pembersihan kolam renang dilakukan 2 kali dalam sehari, bisa pagi dan sore. Pembersihan secara rutin ini akan mencegah lumut berkembang biak.

2. Memasang filter air pada kolam

Penggunaan filter pada kolam renang akan menyaring berbagai kotoran yang ada pada air. Jika filternya semakin baik, maka kualitas air yang dihasilkan juga semakin bagus. Kolam renang yang bersih pastinya akan membuat Anda nyaman saat berenang di sana, bukan?

3. Mengatur kadar klorin dalam kolam renang

Tidak cukup dengan dua langkah di atas, Anda juga perlu Kemudian mengatur kadar klorin  dalam kolam renang Anda. Kadar klorin akan mengatur pH kolam renang, termasuk juga mengontrol pertumbuhan lumut.

Namun penggunaan klorin ini tidak boleh asal ya, harus disesuaikan dengan rekomendasi dari para ahli. pH yang disarankan untuk kolam renang biasanya sekitar 7,2-7,4. Sedangkan kadar klorin dalam air yang diperbolehkan hanya sekitar 1,0-3,0 ppm. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan asam sianurat dengan kadar yang diizinkan hanya sebesar 40 ppm.

Terkadang orang orang memiliki alergi terhadap klorin. Jika kolam tidak menggunakan klorin dapat juga dapat menggunakan salt chlorinator sebagai pengganti klorin. Salt Chlorinator merupakan alat yang trend dan banyak digunakan kontraktor dalam membuat kolam renang tanpa klorin. Sistem salt chrorinator memiliki sistem yang dapat mengubah garam menjadi klorin alami. Sehingga tidak ada lagi kimia klorin dan bau yang menyengat.

Kalau Anda tidak mau menggunakan kaporit, Anda bisa memasang lampu-lampu ultraviolet di kolam renang Anda. Dengan bantuan lampu ultraviolet, kolam renang Anda bisa terjaga kebersihannya, sekaligus membantu membunuh bakteri jahat dalam air. Selain itu, lampu ini juga bisa mengikat bibit lumut dan ganggang sehingga lebih mudah dibersihkan.

5. Menanam pohon di dekat kolam renang

Perawatan kolam renang selanjutnya adalah menana pohon di sekitar kolam renang. Pepohonan di sekitar kolam renang juga bisa menahan pertumbuhan alga atau lumut secara alami, karena menghalangi sinar matahari. Selain itu, penanaman pohon juga membuat suasana di sekitar menjadi lebih asri.

7. Membersihkan kerak yang menempel di dinding kolam

Proses pembersihan atau pengurasan kolam biasanya melibatkan penyikatan kolam renang. Ketika Anda menyikat dinding kolam renang itu, Anda bisa sekaligus membersihkan kerak yang menempel pada dinding kolam. Lakukan secara merata, supaya dinding dan dasar kolam benar-benar bersih dan terbebas dari lumut.

Untuk semakin memudahkan pembersihan kotoran tersebut, bisa Anda gunakan juga karbol yang biasa digunakan sebagai pembersih lantai. Setelah kolam sudah pasti bersih, Anda bisa mengisi kolam renang kembali. Kalau Anda rutin menyikat kolam, maka tidak akan ada kotoran dan kerak yang menempel di dinding kolam renang Anda.

8. Menggunakan filter manual

Bila banyak pohon di sekitar kolam renang Anda, maka tentu saja akan banyak daun kering yang berjatuhan ke kolam tersebut. Selain merusak pemandangan, kerabat Anda yang berkunjung mungkin enggan berenang di kolam tersebut. Supaya lebih praktis membersihkannya, gunakan filter manual untuk mengangkat daun-daun itu dari kolam Anda.

Perawatan kolam renang memang cukup menyita banyak waktu, terlebih jika kolam renangnya cukup luas. Jadi Anda bisa mempertimbangkannya dulu sebelum membuat kolam renang ya.

GRANDPOOL INDONESIA

Alamat: Jalan Sultan Agung No.24 Jakarta Selatan – Kode pos 12980

Phone : 021 83706355

Fax : 021 28541788 Mobile :  087775535568

E-mail[email protected]

Leave a Reply

× Ada yang bisa saya bantu?