Penyebab Kolam Renang Sering Bocor

Kebocoran pada kolam dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda, serta membutuhkan pengangan yang berbeda juga. Kebocoran pada kolam renang perlu segera diatasi selain agar tidak membuat pemakaian air menjadi lebih boros, juga dapat mengganggu perlengkapan lain pada sistem kolam, maupun menyebabkan erosi pada struktur tanah ditempat terjadinya bocor.

Jenis dan Penyebab Kolam Bocor

Kolam yang terbuat dari beton biasanya dirancang untuk dapat bertahan lama, namun terkadang karena berbagai sebab dapat terjadi kebocoran. Pada umumnya menurut letaknya, ada tiga jenis kebocoran yang sering terjadi pada kolam beton, yaitu :

  • Kebocoran struktural.
  • Kebocoran instalasi dan aksesoris.
  • Kebocoran pipa.

1.    Kebocoran Pada Struktur Kolam

Kebocoran struktural adalah kebocoran pada struktur kolam itu sendiri, kebanyakan berbentuk retakan pada beton kolam, yang harus segera diperbaiki.

Retakan pada beton kolam tersebut sering kali disebabkan oleh :

1)    Konstruksi atau pengerjaan yang buruk.

Kontruksi kolam yang buruk bisa menyebabkan kolam menjadi sering bocor, demikian juga dengan pengerjaan yang kurang rapi. Dalam hal ini Anda perlu memilih kontraktor kolam yang berkualitas.

2)    Pergeseran pada tanah

Pergerakan yang terjadi pada tanah tempat di mana kolam dibangun, dapat menyebabkan kerusakan pada struktur kolam, misanya setelah terjadi gempa bumi.

3)    Tekanan dari air tanah

Aliran air tanah juga dapat merusak dinding kolam secara lambat namun pasti, sehingga dalam pemilihan lokasi biasanya kontraktor kolam yang profesional akan menyampaikan saran untuk mengatasinya, apabila pada lokasi yang direncanakan terdapat aliran air tanah.

2.    Kebocoran Pada Instalasi dan Aksesoris Kolam

Kebocoran yang terjadi pada instalasi perlengkapan dan aksesoris kolam atau disebut juga fitting biasanya terjadi pada sela-sela perlengkapan maupun aksesoris yang dipasang pada kolam, terkadang kondisi perlengkapan atau aksesoris yang sudah rusak juga dapat menyebabkan kebocoran.

Misalnya pada skimmer, pemasangan yang kurang presisi dapat menyebabkan air rembes dari sela-sela intake skimmer dengan dinding kolam, demikian juga apabila terjadi kerusakan pada skimmer, hal tersebut juga dapat menjadi sumber kebocoran.

Sebagian besar penyebab bocor yang terjadi pada instalasi maupun perlengkapan kolam disebabkan oleh pengerjaan yang kurang baik maupun kualitas perlengkapan yang digunakan kurang bagus.

Oleh karena itu, memilih kontraktor kolam yang profesional merupakan salah satu faktor penting pada pembangunan maupun pekerjaan renovasi kolam.

3.    Kebocoran Pada Pipa Kolam

Setiap kolam memiliki jaringan instalasi pipa untuk mengalirkan air dari kolam ke unit penyaring air dan sebaliknya. Bahkan jaringan pipa yang terdapat pada kolam renang overflow demikian rumitnya, sehingga jika pemasangannya kurang baik dapat menimbulkan kebocoran.

Selain proses pemasangan yang kurang baik, kebocoran pada pipa kolam tidak jarang disebabkan juga oleh pipa yang berkarat, sehingga memilih kualitas pipa dan perlengkapan lain yang digunakan pada kolam, juga merupakan faktor penting yang dapat mencegah kebocoran kolam.

 

Cara Mendeteksi Kebocoran Kolam

Ada beberapa gejala yang sering terjadi pada kolam yang bocor, jika kolam Anda mengalami salah satunya dari beberapa gejala berikut ini, periksa letak kebocoran tadi atau segera panggil jasa profesional untuk mengatasinya.

  • Terlihat adanya retakan pada dinding kolam.
  • Keramik kolam yang lepas atau longgar.
  • Spot lembek atau genangan air pada tanah sekitar kolam
  • Tagihan air atau listrik meningkat secara signifikan.
  • Pertumbuhan alga yang lebih cepat walaupun sudah dilakukan treatment.
  • Air kolam sering tekor atau sering perlu menambahkan air, jika kolam menggunakan pompa otomatis untuk mengisi kolam, maka pompa akan terlihat bekerja terus menerus.

 

Cara yang paling mudah untuk memastikan letak bocor pada kolam Anda dapat melakukannya dengan bantuan pewarna, yaitu : ambil pewarna makanan dan teteskan di dekat area yang retak, jika ada kebocoran, pewarna akan tersedot ke dalam celah. Cara ini bisa digunakan juga untuk area di sekitar alat atau perlengkapan kolam seperti inlet saluran utama, lampu dan juga pada mulut skimmer.

 

Kontraktor Kolam Renang Profesional

Sebagai salah satu konsultan kolam renang terbaik di Indonesia, Grand Pool Indonesia memberikan layanan pembuatan kolam renang yang sudah teruji kualitasnya.

Pengalaman kami yang sudah teruji dalam pembangunan kolam dengan hasil karya yang indah dan memuaskan pada berbagai tempat di seluruh Indonesia, merupakan suatu bukti nyata kualitas layanan yang kami berikan.

Kebocoran pada kolam dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda, serta membutuhkan pengangan yang berbeda juga

Kebocoran pada kolam renang perlu segera diatasi selain agar tidak membuat pemakaian air menjadi lebih boros, juga dapat mengganggu perlengkapan lain pada sistem kolam, maupun menyebabkan erosi pada struktur tanah ditempat terjadinya bocor.